RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran :
Kelas/Semester :
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi
Inti (KI)
B.
Kompetensi
Dasar
1.
KD pada KI-1
2.
KD
pada KI-2
3.
KD
pada KI-3
4.
KD
pada KI-4
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi*)
1.
Indikator
KD pada KI-1
2.
Indikator KD pada KI-2
3.
Indikator
KD pada KI-3
4.
Indikator
KD pada KI-4
D.
Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks
pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal,
materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial)
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a.
Kegiatan
Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
· Mengamati
· Menanya
· Mengumpulkan informasi/mencoba
· Menalar/mengasosiasi
· Mengomunikasikan
c.
Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a.
Kegiatan
Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti **)
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan informasi/mencoba
·
Menalar/mengasosiasi
·
Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
2.
Instrumen penilaian
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan seterusnya
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran
remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar
*) Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda.
Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk
perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati
sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang
diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang
dapat diamati dan terukur.
**) Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus
muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan
berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran
dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar