Ketuntasan
Belajar terdiri atas ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan belajar
dalam konteks kurun waktu belajar. Ketuntasan penguasaan substansi yaitu
ketuntasan belajar KD yang merupakan tingkat penguasaan peserta didik atas KD
tertentu pada tingkat penguasaan minimal atau di atasnya, sedangkan
ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar terdiri atas ketuntasan
dalam setiap semester, setiap tahun ajaran, dan tingkat satuan pendidikan.
Ketuntasan
Belajar dalam satu semester adalah keberhasilan peserta didik menguasai
kompetensi dari sejumlah mata pelajaran yang diikutinya dalam satu semester.
Ketuntasan Belajar dalam setiap tahun ajaran adalah keberhasilan peserta didik
pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran. Ketuntasan dalam
tingkat satuan pendidikan adalah keberhasilan peserta didik menguasai
kompetensi seluruh mata pelajaran dalam suatu satuan pendidikan untuk
menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
Nilai
ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk predikat, yakni predikat
Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) sebagaimana tertera pada
tabel berikut.
Nilai
Ketuntasan Sikap
(Predikat)
Sangat
Baik (SB)
Baik
(B)
Cukup
(C)
Kurang
(K)
Ketuntasan
Belajar untuk sikap (KD pada KI-1 dan KI-2) ditetapkan dengan predikat Baik
(B).
Nilai
ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk
angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A
sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai
Ketuntasan
Pengetahuan
dan Keterampilan
Rentang
Angka
|
Huruf
|
|
|
|
|
3,85
|
– 4,00
|
A
|
|
|
|
3,51
|
– 3,84
|
A-
|
|
|
|
3,18
|
– 3,50
|
B+
|
|
|
|
2,85
|
– 3,17
|
B
|
|
|
|
2,51
|
– 2,84
|
B-
|
|
|
|
2,18
|
– 2,50
|
C+
|
|
|
|
1,85
|
– 2,17
|
C
|
|
|
|
1,51
|
– 1,84
|
C-
|
|
|
|
1,18
|
– 1,50
|
D+
|
|
|
|
1,00
|
– 1,17
|
D
|
|
|
|
Ketuntasan
Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67 untuk keterampilan
ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.
Khusus
untuk SD/MI ketuntasan sikap, pengetahuan dan keterampilan ditetapkan dalam
bentuk deskripsi yang didasarkan pada modus, skor rerata dan capaian optimum.
0 komentar:
Posting Komentar