Pages

MARHABAN

Jumat, November 14, 2014

KISI-KISI UAS I PAI TAHUN 2014-2015


Silakan didownload kisi-kisi untuk UAS PAI 2014-2015
  1. Kisi-kisi Kelas 7
  2. KELAS 7 hub MGMP
  3. Kisi-kisi Kelas 8
  4. KELAS 8 hub MGMP
  5. Kisi-Kisi Kelas 9
  6. Kisi-Kisi BTQ Kelas 7 , SOAL BTQ (hub. MGMP )
  7. Kisi-Kisi BTQ Kelas 8,  SOAL BTQ (hub MGMP )
  8. Kisi-Kisi BTQ Kelas 9,  SOAL BTQ (hub MMGP )

Minggu, November 09, 2014

PERUBAHAN PERMENDIKBUD 2014

Untuk mendownload file permendikbud terbaru, silakan didownload di link ini

FORMAT RPP TERBARU SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD 103 TAHUN 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                     :

Mata pelajaran                         :
Kelas/Semester                        :

Alokasi Waktu                          :

A.     Kompetensi Inti (KI)
B.     Kompetensi Dasar
1.      KD pada KI-1

2.      KD pada KI-2
3.      KD pada KI-3
4.      KD pada KI-4
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.      Indikator KD pada KI-1
2.      Indikator KD pada KI-2

3.      Indikator KD pada KI-3
4.      Indikator KD pada KI-4

D.     Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama: (...JP)

a.      Kegiatan Pendahuluan
b.      Kegiatan Inti **)

·    Mengamati
·    Menanya
·    Mengumpulkan informasi/mencoba
·    Menalar/mengasosiasi
·    Mengomunikasikan
c.      Kegiatan Penutup

2.  Pertemuan Kedua: (...JP)

a.      Kegiatan Pendahuluan
b.      Kegiatan Inti **)

·           Mengamati
·           Menanya
·           Mengumpulkan informasi/mencoba
·           Menalar/mengasosiasi
·           Mengomunikasikan

c. Kegiatan Penutup

3.  Pertemuan seterusnya.

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.   Teknik penilaian
2.   Instrumen penilaian

a.   Pertemuan Pertama

b.   Pertemuan Kedua

c.   Pertemuan seterusnya

3.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.

G.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.   Media/alat

2.   Bahan


3.   Sumber Belajar 


*)   Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.

**)  Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.

PENILAIAN PADA PERMENDIKBUD 104 TAHUN 2014

Ketuntasan Belajar terdiri atas ketuntasan penguasaan substansi dan ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar. Ketuntasan penguasaan substansi yaitu ketuntasan belajar KD yang merupakan tingkat penguasaan peserta didik atas KD tertentu pada tingkat penguasaan minimal atau di atasnya, sedangkan ketuntasan belajar dalam konteks kurun waktu belajar terdiri atas ketuntasan dalam setiap semester, setiap tahun ajaran, dan tingkat satuan pendidikan.

Ketuntasan Belajar dalam satu semester adalah keberhasilan peserta didik menguasai kompetensi dari sejumlah mata pelajaran yang diikutinya dalam satu semester. Ketuntasan Belajar dalam setiap tahun ajaran adalah keberhasilan peserta didik pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran. Ketuntasan dalam tingkat satuan pendidikan adalah keberhasilan peserta didik menguasai kompetensi seluruh mata pelajaran dalam suatu satuan pendidikan untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Nilai ketuntasan kompetensi sikap dituangkan dalam bentuk predikat, yakni predikat Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) sebagaimana tertera pada tabel berikut.

Nilai Ketuntasan Sikap

(Predikat)
Sangat Baik (SB)
Baik (B)
Cukup (C)
Kurang (K)




Ketuntasan Belajar untuk sikap (KD pada KI-1 dan KI-2) ditetapkan dengan predikat Baik (B).

Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 4,00 – 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut.

Nilai Ketuntasan

Pengetahuan dan Keterampilan

Rentang Angka
Huruf



3,85
– 4,00
A



3,51
– 3,84
A-



3,18
– 3,50
B+



2,85
– 3,17
B



2,51
– 2,84
B-



2,18
– 2,50
C+



1,85
– 2,17
C



1,51
– 1,84
C-



1,18
– 1,50
D+



1,00
– 1,17
D




Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67 untuk keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.


Khusus untuk SD/MI ketuntasan sikap, pengetahuan dan keterampilan ditetapkan dalam bentuk deskripsi yang didasarkan pada modus, skor rerata dan capaian optimum.